Bisnis daring dan pemasaran atau biasa disingkat BDP merupakan bidang ilmu yang mempelajari bidang pemasaran serta pengembangan usaha secara online atau daring. Umumnya bidang ini kerap dipelajari di sekolah pendidikan kejuruan atau SMK. Jurusan ini merupakan keahlian yang ada dalam Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran. Di sana, siswa akan disuguhkan materi dasar tentang kemampuan bisnis daring dan juga pemasarannya secara online.
Selama menjalani masa pendidikan, siswa yang menempuh jurusan ini akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara menganalisa pasar dan menentukan peluang usaha. Tidak hanya itu, siswa juga dibekali dengan ilmu bagaimana cara memanfaatkan internet sebagai media pemasaran.
Biasanya, pihak SMK mengajarkan mata pelajaran seperti Muatan Peminatan Kejuruan berdasarkan kompetensi keahlian yang sudah diambil pada siswa.
Muatan Peminatan Kejuruan di kompetensi BPD ini dikupas secara singkat seperti di bawah ini:
Dalam mata pembelajaran pemerataan produk ini, siswa akan diajarkan cara mengelompokkan barang berdasarkan jenis serta kegunaannya. Pengelompokan ini juga memperhatikan keindahan produk supaya konsumen mau membeli produk yang disediakan. Tidak hanya itu, dalam pengelompokkan produk ini, siswa juga harus memahami spesifikasi produk yang mereka tawarkan.
Untuk mata pelajaran bisnis daring, siswa akan belajar bagaimana memasarkan produknya secara daring atau menggunakan internet. Pemasaran ini umumnya dilakukan dengan cara menggunakan website atau memanfaatkan sosial media.
Cara ini mengajarkan siswa bahwa membuka usaha secara online memudahkan mereka dalam membuka usaha karena lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak biaya. Berbeda dengan membuka bisnis konvensional dimana dibutuhkan biaya tambahan seperti biaya sewa gedung, biaya membeli stok barang, biaya membayar karyawan, dan lain sebagainya.
Siswa juga akan dibekali dengan mata pelajaran administrasi transaksi. Ini membahas tentang pembuatan catatan keuangan yang terstruktur dan rapi sehingga dalam bisnis alur keuangan lebih mudah dipelajari.
Untuk manajemen bisnis ritel, pelajaran ini membahas tentang keseluruhan faktor yang mempengaruhi perdagangan atau ritel. Sebagai contoh yaitu mempelajari faktor yang mempengaruhi langsung perdagangan jasa dan barang kepada konsumen.
Mata pelajaran ini membantu mencetak siswa menjadi generasi yang siap kerja. Materi-materi yang dibahas yaitu pemahaman terhadap peluang usaha. karakteristik kewirausahaan, proses kekayaan intelektual dan lain sebagainya.
Jurusan ini menawarkan prospek yang cukup menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa prospek yang ditawarkan:
Semenjak pandemi, perubahan tren bisnis dari offline ke online semakin tinggi. Ini tidak lain karena gaya hidup masyarakat yang juga berubah, mulai dari birokrasi, pekerjaan, hingga penjualan ikut berubah. Mau tidak mau, bisnis daring dan pemasaran internet pun semakin sering digunakan.
Walau begitu, pergeseran tren masyarakat ini tidak selamanya berdampak buruk. Berkat teknologi, nyatanya hidup jadi lebih simpel dan efisien. Transaksi yang biasa dilakukan secara offline kini dilakukan secara online dimana hal ini menghemat waktu dan biaya. Aktifitas bisnis pun bisa dilakukan dimanapun, oleh siapapun dan kapanpun. Modalnya juga sangat murah, hanya menggunakan smartphone saja semua bisa dilakukan asalkan terkoneksi dengan internet.
Untuk anda yang masih baru dalam hal bisnis daring dan pemasaran, anda bisa melihat beberapa contoh berikut ini:
Dropship merupakan salah satu sistem bisnis yang sangat populer. Apa lagi kalau anda tidak memiliki modal. Bisnis ini cocok sekali dicoba. Hanya bermodalkan smarphone, foto, koneksi internet, dan juga informasi produk, anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik.
Yang perlu anda lakukan hanyalah menghubungi suplier dan meminta ijin kepada mereka bahwa anda ingin mempromosikan produk suplier. Terkadang ada juga supplier yang menyediakan cara khusus supaya bisa menjadi dropshiper mereka. Selanjutnya anda tinggal membagikan foto ini keberbagai media sosial.
Anda tidak boleh lupa menyediakan informasi detail produk. Untuk laba, anda harus mematok laba setidaknya 50% dari modal yang diambil.
Perlu diingat, kesuksesan bisnis ini adalah rajin mempromosikan produk dan selalu up to date dengan barang yang dibutuhkan masyarakat.
Contoh bisnis daring dan pemasaran lainnya adalah reseller. Biarpun metode sistem ini mirip-mirip dengan dropshiper yaitu mengambil produk dari supplier dan labanya diambil dari penjualan, akan tetapi reseller sangat berbeda dengan dropshipper.
Di sini, reseller mengambil barang lebih banyak sehingga bisa menentukan sendiri labanya.
Meski demikian, tantangan utama menjadi seorang reseller adalah harus bisa menghabiskan stok produk dari supplier agar perputaran produk jadi lebih baik. Kunci agar produk cepat habis adalah rajin mempromosikan barang dari berbagai platform seperti website dan media sosial.
Baca juga : Perbedaan Digital Marketing Dan Offline Marketing
Bila anda punya beberapa keahlian seperti memasak atau membuat kerajinan tangan, kini anda bisa menjadikan keahlian ini sebagai sumber penghasilan. Anda bisa menggunakan strategi bisnis daring dengan mengambil gambar karya anda atau menjadikannya video juga bisa supaya hasilnya lebih baik. Nanti hasil produk keahlian anda bisa dijual secara online.
Bisnis daring dan pemasaran yang berbasis hobi ini kalau dikelola dengan baik bisa menjangkau konsumen dengan luas. Kalau anda tidak memiliki keahlian khusus untuk membuat produk, jangan khawatir. Anda masih bisa membuka toko online dengan cara yang lain. Anda bisa membuka toko yang anda sukai seperti bertemakan kuliner, otomotif dan tanaman.
Yang pasti anda tidak boleh lupa untuk mengatur produk dengan cara semenarik mungkin agar toko online terlihat menarik pengunjung.
Kalau anda mahir mendesain, anda pun bisa memasukkan skill ini dalam kategori bisnis daring. Anda bisa membuat produk-produk seperti logo, undangan, dan lainnya yang mana sekarang ini dibutuhkan sekali oleh banyak orang, mulai dari skala kecil sampai besar. Bukan tidak mungkin anda bisa meraup untung yang besar hanya dari mendesain.
Anda bisa menggunakan berbagai platform terkenal seperti Upwork, Freelancer.com atau bahkan media sosial untuk memamerkan hasil karya anda. Bila nanti bisnisnya sudah besar, anda tinggal membesarkan skala bisnis dengan membangun tim sendiri dan membuat website sendiri agar konsumen bisa melihat portofolio anda secara langsung.
Punya akun media sosial dengan follower mencapai ratusan ribu? Saatnya anda menjadi seorang influencer! Di bidang bisnis daring dan pemasaran, influencer sangatlah berpengaruh di masa sekarang karena bertugas mempengaruhi orang lain untuk membeli sebuah produk.
Di sini, tugas anda sebagai seorang influencer adalah merekomendasikan berbagai produk terpercaya kepada audience dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.
Itulah sekilas tentang bisnis daring dan pemasaran. Dengan beralihnya tren masyarakat ke dunia online, aktifitas online menjadi sebuah keseharian. Karena itu, mempelajari bidang ilmu ini sangatlah penting.
Digiten sebagai penyedia layanan jasa digital marketing dapat membantu rekan-rekan yang ingin memulai bisnis di dunia digital dengan mulai membangun aset berupa website beserta promosinya. Segera hubungi tim kami untuk berkonsultasi.