Visual branding dalam dunia bisnis sangatlah penting. Visual branding adalah elemen visual yang digunakan untuk merepresentasikan bisnis anda. Hal ini bisa banyak hal mulai dari logo, packaging, identitas brand, dan sebagainya yang menjadi ciri khas brand tersebut.
Setiap bisnis harus memiliki visual branding agar bisa dibedakan dengan bisnis lainnya yang memiliki tema yang sama. Ini akan mempermudah konsumen dalam hal mengenali produk. Selain itu, visual branding ini juga memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan brand awareness.
Kita semua tahu kalau kesan pertama adalah hal yang penting. Realitanya, konsumen potensial akan melihat visual branding anda dulu sebelum yang lain. Mereka harus tertarik dulu dengan identitas visual anda sehingga mereka bisa merasa terhubung dengan brand anda kemudian ingin mempelajarinya lebih lanjut.
Bila visual identity ini efektif, maka hal ini akan menarik klien ideal dan menjelaskan tentang apa perusahaan anda. Selain itu, identitas visual yang efektif juga akan menunjukkan nilai bisnis anda.
Meski demikian, sebelum membuat visual branding, sangat penting membuat brand strategi dulu. Bila tidak, anda hanya akan buang-buang waktu, tenaga, dan uang. Sebab visual identity anda tidak selaras dengan target.
Sebagai contoh, anda ingin memakai binatang gurita sebagai dasar logo bisnis anda. Tapi kenapa? Anda harus menemukan alasannya. Jadi, visual identity di sini harus merefleksikan perusahaan anda dan karena itulah membuat beberapa strategi dan mempertimbangkan bagaimana anda ingin klien melihat anda sangatlah penting.
Di sini, orang memiliki beberapa gagasan mengenai apa yang mereka lihat. Bila mereka melihat brand identity sebagai salah satu yang kekanak-kanakan, tentu saja anda harus merubahnya menjadi profesional dan serius. Kecuali kalau itu memang tujuan anda. Kita bandingkan dengan logo Apple. Orang tidak akan berpikir kalau toko berlogo Apple ini adalah toko mainan. Ini karena orang langsung mendapatkan identitas perusahaan secara langsung.
Tidak hanya itu, visual branding di sini juga harus merefleksikan nilai, janji, kepribadian dan tujuan perusahaan. Memang kedengarannya sedikit rumit, tapi elemen-element ini penting untuk mengekspresikan seperti apa perusahaan anda.
Yang jelas, bisnis yang memiliki visual branding akan lebih mudah dikenal oleh konsumen. Nantinya dampaknya akan terasa besar bagi bisnis yang dijalankan. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan antara lain:
Meningkatkan brand awareness - Visual branding membantu meningkatkan brand awareness. Saat bisnis ini sudah dikenal oleh banyak orang, maka akan lebih mudah melakukan promosi dan jangkauannya pun jadi lebih lebar. Inilah pentingnya membuat visual branding yang unik supaya brand awareness-nya membekas di ingatan konsumen.
Meningkatkan omset bisnis - Di awal-awal melakukan visual branding, mungkin tidak akan banyak berpengaruh terhadap bisnis anda. Meski demikian, visual branding akan mulai terasa dalam jangka panjang. Bahkan bukannya tidak mungkin bila logi bisnis anda juga diincar orang.
Bisa bertahan di tengah persaingan - Visual identity ternyata menjadi aspek yang penting dalam persaingan bisnis. Hal ini karena visual branding memberikan gagasan berbeda yang membedakan brand anda dengan merk lain sehingga konsumen bisa mengingat anda dengan baik.
Menambah value bisnis - Bila bisnis memiliki kualitas produk yang baik, visual branding yang tepat, dan ide yang unik maka tentu saja nilainya akan tinggi. Penambahan value ini bisa dalam bentuk lain selain logo misalnya packaging yang dinilai paling ampuh dalam membuat konsumen anda tetap ingat dengan bisnis anda.
Meningkatkan kepercayaan - Anda bisa meningkatkan kredibilitas bisnis beserta kepercayaan konsumen. Ini berkat visual identity dan juga aspek lain yang berperan penting. Mengoptimalkan visual identity dalam waktu yang panjang bisa membuka peluang yang besar seperti menjadikan brand anda sebagai brand unggulan.
Baca juga : Perbedaan Digital Marketing Dan Offline Marketing
Untuk membuat brand identity yang baik, anda perlu mengingat 5 elemen penting di sini antara lain:
Logo adalah bagian utama dalam brand identity yang mendeskripsikan semua elemen visual untuk merepresentasikan brand anda. Entah apapun bentuknya, logo harus unik dan bisa merepresentasikan nama bisnis dan identitas brand itu sendiri. Anggap saja ini adalah wajah perusahaan anda.
Dalam pembuatan logo, anda mungkin akan dihadapkan dengan beberapa istilah berikut ini:
Tentu saja beberapa logo mengkombinasikan keduanya. Anda bisa juga memilih untuk menambahkan tagline untuk menekankan pada apa yang dilakukan oleh perusahaan anda.
Ketika brand anda ingin mengatakan sesuatu, bentuk teks anda muncul di halaman dan screen akan memberikan arti sendiri. Huruf-huruf yang besar dan kecil menggambarkan kekuatan dan stabilitas. Skrip yang melingkar-lingkar menggambarkan keeleganan dan tradisi. Yang pasti, typography adalah seni visual yang berhubungan dengan teks. Jadi, anda harus memilih font dengan sangat hati-hati karena hal ini bisa memberikan makna yang berbeda.
Para pakar graphic design menyarankan untuk menggunakan font Sans Serif atau Serif untuk membedakan header dari body.
Color palette yang anda pilih untuk logo anda akan memberikan kontribusi dan karakter tersendiri untuk brand anda.
Dalam bahasa warna, hijau merepresentasikan keseimbangan dan alam, biru melambangkan perasaan tenang, kuning terang melambangkan kehangatan dan optimisme dan sebagainya. Jadi warna yang anda pilih dan kombinasinya akan merubah keseluruhan mood.
Detail lain yang bisa menambah kecantikan brand identity anda adalah dengan menambahkan dimensi. Saat membuat marketing collateral atau desain yang lainnya, anda bisa menambahkan beberapa elemen penting seperti:
Foto atau ilustrasi yang anda masukkan dalam branded content harus memiliki tampilan yang sama dengan elemen lainnya. Entah itu anda menggunakan stock photography, custom graphics atau original shots. Hal ini bisa membangkitkan nilai brand personality anda.
Perlu diingat bahwa setiap gambar berarti jutaan kata. Jadi pastikan bahwa orang, produk, tempat, dan properti yang anda pilih bisa mengkomunikasikan brand dengan baik terhadap konsumen.
Nah itulah sekilas tentang visual branding dan beberapa aspek penting di dalamnya. Ingat, dalam menciptakan brand identity ini anda harus memperhatikan beberapa hal. Visual identity anda haruslah berguna, mudah diingat, simple, versatile, dan konsisten.
Bila anda masih ragu dalam membuat brand identity ini, tidak ada salahnya meminta bantuan professional. Anda bisa meminta mereka untuk membuatkan brand identity dengan konsep yang anda inginkan.