March 4, 2023

Algoritma Shopee : Tips Optimalisasi Tanpa Ribet

algoritma-shopee1

Banyak penjual di Shopee ingin mengetahui algoritma Shopee untuk meningkatkan keuntungan. Mereka berpikir bahwa strategi pemasaran harus dibarengi dengan pemahaman mengenai algoritma Shopee.

Lalu, muncullah sejumlah pertanyaan. Apa itu algoritma Shopee? Seberapa pentingkah algoritma Shopee pada bisnis? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, baca informasi yang akan disajikan berikut ini.

Pengertian Algoritma Shopee

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Dalam digital marketing, susunan logika berpikir ini diubah dalam bentuk bait kode.

Dengan demikian, algoritma Shopee merupakan susunan bait kode yang akan bekerja ketika seseorang mencari produk di Shopee. Namun, kesulitan yang harus dihadapi adalah kenyataan bahwa algoritma ini bisa berubah-berubah tergantung dari kebijakan platform tersebut.

Di samping itu, hal ini terbilang teknis sehingga orang awam akan sulit memahaminya. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk tidak terlalu fokus pada algoritma Shopee. Kuncinya adalah melakukan bisnis dengan baik tanpa melanggar aturan dan ketentuan dari Shopee.

Cara Memaksimalkan Pemasaran di Shopee

Shopee dan platform-platform lainnya sebenarnya menciptakan suatu sistem (kode) dan 90% sisanya bergantung pada user yang melakukan marketing. Singkatnya, Shopee membutuhkan pebisnis yang berorientasi pasar (bukan ingin menjadi programmer ), bisa dipercaya, dan menjual produk yang berkualitas.

algoritma-shopee2

1.   Menggunakan fitur pencarian Shopee

Kolom pencarian masih menjadi rujukan utama bagi pelanggan yang ingin membeli barang di Shopee. Untuk itu, Anda harus melakukan riset kata kunci supaya produk Anda muncul di posisi teratas dalam daftar pencarian.

Fitur-fitur pencarian Shopee

  1. Kolom Pencarian. Saat para pembeli mengetik kata kunci, sistem akan memberikan rekomendasi kata kunci, kategori, serta atribut bahkan sebelum mereka selesai mengetik.
  2. Filter Pencarian. Perhatikan daftar pilihan filter yang disediakan (misalnya harga, lokasi, dsb.), lalu sesuaikan dengan produk Anda.
  3. Toko Terkait. Pastikan nama toko menarik minat pembeli sehingga toko Anda bisa muncul berdasarkan kata kunci yang digunakan pembeli.
  4. Kategori Urutan Pencarian. Urutan hasil pencarian bisa diatur menurut jumlah produk terjual, kapan produk diproduksi dibuat, dll.
  5. Hasil Pencarian. Produk yang diiklankan kemungkinan bisa muncul lebih sering pada hasil pencarian. Untuk itu, disarankan untuk mempelajari SEO Shopee terbaru.

2.   Mengetahui cara berpikir pembeli

Selain memakai kata kunci tertentu, pembeli juga melihat referensi gambar atau foto yang muncul di halaman Shopee. Untuk meningkatkan peluang produk Anda muncul, pastikan nama produk mengikuti tren yang ada di Shopee.

Setidaknya ada 5 hal yang dipertimbangkan pembeli saat mengunjungi online shop.

  • Reputasi produk
  • Tipe penjual
  • Promosi/diskon
  • Metode pembayaran
  • Pilihan pengiriman

Sebagai contoh, Shopee menawarkan berbagai tingkatan tipe penjual misalnya Star Seller dan Shopee Mal. Anda bisa memperbarui toko Anda ke level yang lebih tinggi dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee.

Semakin tinggi “badge” yang Anda dapatkan, otomatis reputasi Anda di mata pembeli meningkat. Lagipula, tidak ada pembeli yang berniat membeli “kucing di dalam karung”.

3.   Menampilkan halaman produk yang ideal

Gunakan kata kunci populer yang sesuai dengan produk Anda. Ingat untuk memeriksa ejaan kata kunci. Perbedaan satu huruf saja akan memengaruhi hasil pencarian.

Tampilan produk yang muncul bersama dengan hasil pencarian harus mewakili deskripsi dari kata kunci. Contohnya, saat Anda menggunakan kata kunci “jaket ritsleting”, pastikan foto yang muncul jelas-jelas menunjukkan ritsleting dan bukannya bagian belakang atau lengan jaket saja.

4.   Memanfaatkan iklan

Pemasaran produk bisa dilakukan di mana saja dengan beragam cara. Anda bisa memakai Facebook/Instagram Ads, fitur Iklanku, atau menawarkan produk secara offline yang nantinya diarahkan ke situs Shopee.

Baca juga : 7 Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

Kesimpulan

Anda cukup menghasilkan produk berkualitas serta menanggapi dan melayani pembeli dengan cepat, sopan, dan ramah. Selanjutnya, algoritma Shopee akan aktif dan bekerja mendukung usaha Anda. Serahkan bagian yang rumit pada para programmer  Shopee dan jangan mempersulit diri sendiri.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram