Ada berbagai cara mempromosikan produk di sosmed untuk keperluan bisnis. Dengan beragam fitur dan kemampuan menjangkau audiensi yang luas, sosmed menjadi sarana ampuh untuk menikmati hiburan sekaligus berbagi informasi.
Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara mempromosikan produk di sosmed dengan benar. Maka dari itu, kami akan menambah wawasan Anda dengan ulasan berikut.
Karena kemudahannya, sosmed bisa dipakai oleh beragam bisnis mulai dari usaha kecil, menengah, hingga perusahaan besar. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut.
Sekarang mari beralih ke sejumlah cara mempromosikan produk di sosmed.
Pastikan fitur-fitur sosmed (Twitter, Instagram, Facebook. dll.) sejalan dengan strategi marketing. Setiap sosmed juga mempunyai tipe pengguna tertentu sehingga gaya bahasa dan cara promosi perlu diperhatikan.
Kemudian, buat dan bangun profil akun Anda. Masukkan info dasar seperti kontak, lokasi, dan tautan penting lainnya. Perhatikan juga masalah visual supaya orang lebih tertarik untuk mampir ke akun Anda.
Tips. Pakai strategi “Follow Us on Social” untuk memperluas jaringan bisnis karena tidak semua orang memakai sosmed yang sama.
Konten berbentuk foto dan video biasanya lebih menarik pelanggan. Untuk memperbesar kemungkinan produk Anda dibeli, tag produk di postingan Anda. Intinya, Anda harus menampilkan sesuatu yang kreatif, menarik secara visual, dan bermanfaat.
Tips. Gunakan hashtag untuk mempermudah pelanggan melakukan pencarian. Di samping itu, icon atau logo yang unik juga akan membuat orang mudah ingat dengan produk Anda.
Sebelum membuat iklan, tentukan dulu target audiensinya. Lalu, manfaatkan fitur atau alat yang ada untuk menciptakan iklan yang menargetkan audiensi tertentu secara otomatis. Beberapa brand memperoleh hasil yang baik meski jumlah follower-nya tidak terlalu banyak.
Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa menjangkau pengguna yang mengklik tautan di sosmed. Tautan ini tidak harus selalu mengarah ke website Anda, tetapi bisa juga ke berita dan konten lainnya di website berbeda.
Banyak pelanggan yang menjadikan review dan testimoni sebagai pertimbangan final sebelum membeli produk. Akan lebih lagi jika testimoni berasal dari KOL, influencer, atau brand ambassador.
Baca juga : Ciri-Ciri Iklan yang Baik : Komponen & Opsi dalam Digital Marketing
Anda bisa menggunakan kode unik yang bisa ditukar untuk mendapatkan diskon. Manfaatkan momen-momen tertentu misalnya cuci gudang akhir tahun, diskon terbatas untuk pelanggan yang lahir di bulan tertentu, dsb.
Secara tidak langsung, kontes sebenarnya berfungsi mempromosikan produk Anda. Selenggarakan kontes yang simpel, menyenangkan, dan berhadiah menarik. Hadiah yang bisa diberikan beragam, misalnya satu set produk terbaru brand Anda, kesempatan untuk muncul di iklan produk, atau mendapatkan akses eksklusif pada event yang akan berlangsung.
Sebuah komunitas umumnya memiliki kesamaan atau pemikiran yang sama terhadap suatu hal. Sebagai contoh, Anda bisa mempromosikan produk perawatan anti-aging ke komunitas yang anggotanya adalah wanita berusia 30 hingga 50 tahun.
Setelah mengetahui beberapa cara mempromosikan produk di sosmed, jangan lupa untuk selalu mengikuti tren dan perkembangan terkini. Pelajari fitur-fitur baru dan manfaatkan semaksimal mungkin.