Digital marketing adalah seni dan ilmu dalam berkomunikasi dengan konsumen secara efektif melalui berbagai saluran online, dari mesin pencari hingga media sosial. Keunggulan utama dari strategi pemasaran ini adalah mudah diterapkan dan biayanya lebih rendah dibandingkan metode konvensional.
Pembahasan lebih lengkap tentang digital marketing dalam bisnis bisa Anda tengok di artikel ini.
Pertama, mari kita bahas manfaat dan tujuan digital marketing.
Platform online memungkinkan pebisnis untuk menjangkau audiensi dalam skala global dengan melampaui letak geografis. Pengguna internet global saja sudah lebih dari setengah populasi dunia, jadi ada banyak calon konsumen yang bisa dipilih.
Gartner melaporkan bahwa 40% UMKM berhasil menghemat biaya secara signifikan dengan dengan beralih ke digital marketing (BuzzBoard, 2024). Contohnya, Anda bisa membuat akun di platform media sosial atau e-commerce dan memanfaatkannya secara gratis.
Pebisnis bisa membuat keputusan dengan cepat berdasarkan data akurat yang dianalisis oleh platform digital seperti Google Analytics. Bayangkan betapa sulitnya kalau harus mengumpulkan semua data secara manual dari rumah ke rumah dan harus ditulis tangan.
Digital marketing memberikan gambaran mengenai preferensi pelanggan dan data perilaku sehingga konten yang lebih personal dan relevan bisa dibuat untuk pelanggan dengan tetap menanamkan nilai-nilai brand Anda. Dari survei tahun 2017 terhadap 1.000 konsumen berusia antara 18 hingga 64 tahun, 80% responden lebih menyukai pendekatan personal dalam berbisnis (Epsilon, 2018).
Upaya meningkatkan brand awareness secara digital akan membuka peluang untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak. Jika reputasinya positif, konsumen akan merasa lebih aman dan nyaman untuk mencoba produk atau jasa Anda.
Makin banyak pengunjung yang aktif berinteraksi, makin tinggi kemungkinan terjadinya konversi. Penjualan akan berhasil ketika pengguna melakukan pembelian dan bukan hanya sekedar melihat-lihat saja.
Digital marketing membuka peluang bagi pebisnis untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Teknologi memungkinkan Anda untuk membagi informasi terbaru pada pelanggan dan menyapa mereka secara lebih personal.
Tugas digital marketing meliputi sejumlah aspek, antara lain:
Kampanye pemasaran bisa dilakukan melalui mesin pencari, media sosial, atau e-mail mulai dari perancangan sampai evaluasi.
SEO dan SEM bagaikan dua sahabat saling melengkapi dan sulit dipisahkan. Strategi SEO yang kuat dikombinasikan dengan kampanye SEM yang tepat sasaran akan memberikan hasil yang maksimal dalam mencapai tujuan akhir mencapai target konversi.
Digital marketing menganalisis berbagai hal misalnya perilaku pengguna dan ROI. Hasil analisis dilaporkan kepada pemilik saham untuk pengambilan keputusan.
Tujuan pembuatan konten adalah untuk menarik perhatian audiensi target Dari tulisan yang informatif hingga video yang menarik, pilihan format konten sangatlah beragam.
Selanjutnya, mari kita bahas berbagai jenis digital marketing yang menawarkan peluang tak terbatas untuk mengembangkan bisnis Anda.
SEO bekerja dengan mengoptimalkan konten supaya mudah ditemukan oleh mesin pencari. SEO terdiri dari tiga komponen utama: on-page SEO, off-page SEO, dan technical SEO yang bekerja sama untuk meningkatkan visibilitas konten, baik di dalam maupun di luar website.
SEM adalah strategi pemasaran berupa iklan berbayar untuk meningkatkan traffic website dengan cepat. Hasil studi dari WordStream menunjukkan bahwa kombinasi SEO dan SEM meningkatkan klik sebesar 25% dan keuntungan sebesar 27%.
Content marketing artinya membuat dan mendistribusikan konten untuk menghasilkan brand awareness, menarik pelanggan, serta meningkatkan traffic dan lead generation. Anda bisa membuat info grafis, postingan blog, e-book, laporan, serta konten audio dan visual yang menarik dan informatif.
Variasi platform media sosial sangatlah banyak, mulai dari LinkedIn yang lebih profesional hingga Instagram yang lebih visual. Banyak orang yang secara khusus menggunakan media sosial untuk membuat kampanye viral dengan cara mengikuti tren tertentu atau bekerja sama dengan content creator ternama.
Contoh e-mail marketing adalah blog subscription newsletters, follow-up e-mail, customer welcome e-mail, promo liburan, dan sebagainya.
Manfaat PPC adalah meningkatkan traffic dan biayanya akan dibebankan ketika ada orang yang mengeklik iklan berbayar tersebut. Dibandingkan dengan SEM, PPC menawarkan hasil instan dalam untuk jangka pendek.
Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran di mana bisa mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk/layanan milik orang lain. Contohnya, Anda bisa bergabung dengan YouTube Partner Program untuk menampilkan iklan di video Anda atau membagikan tautan afiliasi di media sosial.
Langkah-langkah berikut ini akan memandu Anda dalam menerapkan strategi digital marketing yang efektif.
Contoh aspek yang digunakan untuk menentukan target audiensi adalah usia, lokasi (demografi), perilaku, minat, dsb. Kampanye Anda akan lebih berhasil kalau segmen audiensinya jelas. Orang-orang biasanya memakai metode buyer persona pada tahap ini.
Tergantung tujuan, Anda bisa memakai satu atau lebih alat digital marketing yang:
Anda bisa mengoptimalkan alat (aset) yang sudah ada atau berinvestasi pada platform berbayar jika dirasa perlu. Contohnya, tidak semua bisnis memiliki website atau hanya memakai media sosial, tetapi masih bisa sukses.
Menurut Macy Storm melalui laman WebFX, ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu: (1) fokus menyampaikan informasi terpenting, (2) tulis untuk audiensi Anda dan bukan untuk mesin pencari, dan (3) sering-seringlah membuat konten. Sejatinya bentuk konten digital itu beragam, bahkan halaman “Tentang Kami” pada website pun bisa disebut konten. Yang perlu diperhatikan adalah jenis konten mana yang paling efektif untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.
Ketika konten dibuat, pembelian terjadi, dan bisnis mulai membaik, bukan berarti tugas Anda selesai. Evaluasi berkelanjutan wajib dilakukan secara rutin baik mengenai perkara teknis maupun nonteknis termasuk di antaranya membangun hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan.
Para pemula yang memulai usaha kecil dengan modal terbatas harus sabar sampai strategi digital marketing membuahkan hasil. Jika sudah ada budget lebih atau peluang baik, Anda bisa membentuk tim digital marketing sendiri atau mempekerjakan digital agency yang profesional.
Digital marketing funnel adalah peta perjalanan pelanggan dalam dunia digital, mulai dari pertama kali mengenal bisnis Anda sampai akhirnya menjadi pelanggan setia.
Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran yang mengandalkan teknologi digital. Mengingat banyaknya pengguna internet secara global, digital marketing perlu diterapkan supaya bisnis bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan.