Twitter merupakan salah satu media sosial dengan jumlah akun terbanyak. Platform ini bisa menjadi game-changer bagi bisnis bila anda ingin memaksimalkan jangkauan konsumen. Melalui Twitter inilah, brand-brand bisa melakukan pemasaran produk dalam skala besar sesuai targetnya.
Walapun begitu, meskipun Twitter memiliki banyak kelebihan dalam hal promosi bisnis, tetap saja ada beberapa kelemahannya. Nah, di artikel ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Twitter dalam hal bisnis.
Anda bisa menjadwalkan tweet anda. Jadi anda bisa mengaturkan jadwal khusus untuk membuat postingan khusus di hari-hari tertentu. Ini bagus untuk memastikan bahwa konten anda mendapat interaksi yang bagus.
Menjadwalkan waktu posting sangatlah penting bila anda kerap kesulitan dalam hal mengatur waktu.
Dengan pengguna aktif yang mencapai jutaan setiap harinya, Twitter adalah alat yang powerful untuk semua brand yang ingin meningkatkan brand awareness dan ingin meningkatkan engagement dengan audience-nya. Terutama untuk bisnis dengan skala kecil dan medium yang mencari cara yang murah dalam mencapai target ini.
Di Twitter, bisnis bisa mencari user lain yang memiliki tema searah dengan mereka. Misalnya saja bisnis yang bergerak di bidang tas bermerk. Nah anda bisa mulai mem-follow akun yang memiliki minat di bidang fashion. Kemudian anda bisa mulai memposting tweet berisi trend tas, exhibisi dan lainnya.
Twitter merupakan platform yang tepat untuk menarik banyak trafik ke halaman anda. Anda bahkan tidak perlu membayar untuk mendapatkan klik ke webpage anda.
Untuk mendapatkan perhatian audience, setidaknya buatlah 10 konten setiap hari. Semakin anda nge-tweet, semakin banyak yang klik.
Twitter memungkinkan anda untuk melakukan tracking data serta menggunakan fitur analytic-nya untuk menumbuhkan bisnis anda. Anda bisa melihat tweet mana yang mendapat trafik organik dan melihat trennya. Selanjutnya, anda bisa memanfaatkan data ini.
Banyak sekali konsumen yang menghubungi brand-brand di Twitter untuk meminta bantuan. Ini karena Twitter merupakan platform paling mudah dalam hal customer support.
Anda bisa menggunakan Twitter untuk mendapatkan feedback dan gunakanlah informasi ini untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan konsumen anda.
Banyak brand yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan rekognisi. Memang, Twitter dikenal sebagai platform yang paling sulit untuk mendapatkan following. Jika anda baru, pastikan anda memfokuskan pada niche anda dan buatlah pondasi yang kuat dengan audience. Hal ini memang membutuhkan waktu, tapi tetap saja akan jadi investasi sendiri.
Sayangnya Twitter membatasi berbagai fitur seperti batasan posting atau tweet dan batasan untuk mem-follow akun dimana sebuah akun hanya dibatasi sampai 2000 akun saja.
Baca juga : 6 Cara Monetisasi Instagram Yang Patut Anda Coba
Banyak bisnis yang kerap mengeluhkan spammer yang membuat brand merasa kesulitan mendapatkan engagement yang murni.
Menurut Twitter, lebih dari 500 juta tweet diposting setiap harinya. Dengan banyaknya tweet ini, maka dipastikan tweet bisnis anda akan cepat terkubur.
Yang jadi masalah adalah follower anda juga mungkin mengikuti berbagai akun yang mirip dengan anda. Meskipun tweet anda muncul di feed mereka, belum tentu anda mendapatkan interaksi dari mereka.
Inilah mengapa merapikan tweet sangatlah penting supaya anda mendapatkan engagement dari audience anda.
Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Twitter jika dipakai untuk promosi bisnis. Apakah anda memutuskan untuk memakai platform ini juga? Tentu tidak ada salahnya karena kelebihan yang ditawarkan juga sangat menggiurkan.