October 15, 2022

Apa Perbedaan Pemasaran Dan Promosi?

perbedaan-pemasaran-dan-promosi

Perbedaan pemasaran dan promosi kerap ditanyakan oleh para pemilik bisnis. Pasalnya dua istilah ini sering sekali digunakan. Tanpa disadari, setiap pemilik bisnis pun mungkin sudah menerapkan keduanya. Namun akan lebih baik bila anda mengetahui arti kedua istilah ini.

Pengertian Pemasaran

Kalau dilihat dari pengertian secara umum, pemasaran adalah proses menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai kepada audiens.

Pengertian Promosi

Sementara untuk istilah promosi sendiri artinya mengabarkan atau menyebarkan informasi atau berita tentang sebuah produk atau jasa.

Lalu Apa Yang membedakan Promosi dan Pemasaran?

Promosi dan pemasaran merupakan strategi yang digunakan perusahaan dimana kedua istilah ini kerap membuat bingung.

Marketing atau pemasaran adalah kumpulan aktifitas yang didesain untuk mengenalkan produk ke pasar. Selain itu, aktifitas ini juga bertujuan untuk menjual produk ke konsumen. Semua aktifitas dan proses dalam marketing berhubungan dengan komunikasi dengan konsumen potensial. Hal ini dimulai dari mengidentifikasi produk atau jasa hingga membuat dan mensuplai produk tersebut ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Di dalam marketing, identifikasi dan kepuasan konsumen adalah fokus utama. Jadi fokus atau tujuan utama marketing adalah untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan konsumen sambari menciptakan profit.

Selain itu, dalam pemasaran atau marketing, tujuan utamanya adalah membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Konsumen dalam hal ini berada di pusat perhatian dimana dalam strategi pemasaran anda diwajibkan untuk mengenali konsumen, memuaskannya dan menjaga hubungan dengan konsumen. Marketinglah yang berperan penting dalam mengenali selera konsumen sehingga perusahaan bisa membuat produk yang lebih baik dan meningkatkan profit.

Terlepas dari strategi marketing dan segala kebijakan di dalamnya, prinsip utama marketing tetaplah sama yaitu untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Kalau disimpulkan, marketing adalah jembatan antara bisnis dan konsumen.

Di lain pihak, promosi memiliki makna tersendiri yaitu meningkatkan positive awareness. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan permintaan produk sehingga penjualan meningkat. Dalam promosi, identik dengan yang namanya "brand image". Dalam hal ini, iklan dan publisitas adalah dua alat penting dalam melakukan promosi.

Iklan dalam konteks promosi berhubungan dengan menyewa area untuk pemasangan iklan fisik, menyewa slot waktu di media dan lain sebagainya yang bertujuan untuk mengenalkan produk ke konsumen.

Sementara itu, publisitas adalah metode gratis yang mana anda membiarkan audiens tahu tentang produk anda, seperti apa penggunannya dan kenapa produk anda penting. Untuk meredam hal negatif tentang produk atau jasa, biasanya perusahaan menyewa media manager yang bisa membantu mereka menjaga hubungan dengan calon konsumen mereka.

Jika diringkas lagi, perbedaan antara pemasaran dan promosi adalah sebagai berikut:

Pemasaran terdiri dari sejumlah aktifitas yang berfungsi untuk meningkatkan penjualan, sementara promosi adalah bagian dari pemasaran.

Marketing bisa berdiri tanpa bantuan promosi, sementara promosi tidak bisa berdiri sendiri.

Kegiatan promosi adalah menciptakan awareness tentang produk dan hal ini melibatkan sejumlah strategi seperti iklan dan publisitas.

Pemasaran selalu dimulai dengan mengenali kebutuhan konsumen terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan memproduksi barang tersebut lalu penjualan.

Fokus dari promosi adalah melakukan pembaharuan jasa dan produk sementara pemasaran selalu dimulai dengan mengenali kebutuhan konsumen dan kemudian memenuhi kepuasan pelanggan.

Secara umum, promosi hadir dalam beberapa bentuk seperti berikut:

  • Promosi digital
  • Promosi penjualan
  • Periklanan
  • Penjualan pribadi
  • Pemasaran langsung

Sementara itu, pemasaran juga memiliki beberapa jenis antara lain:

  • Pemasaran berbayar
  • Pemasaran media sosial
  • Pemasaran afiliasi
  • Pemasaran internet
  • Email pemasaran
  • Pemasaran luar ruangan

Nah itulah sedikit pembahasan tentang perbedaan pemasaran dan promosi. Semoga membantu.

Baca juga : Bisnis Daring dan Pemasaran Berikut 5 Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram