Untuk menghasilkan traffic web secara maksimum, SEM adalah pilihan yang tepat. Mereka yang serius menjalankan bisnis menggunakan website membutuhkan wawasan lebih mengenai SEM. Jadi, unsur-unsur apa saja yang penting dalam SEM? Di bawah ini adalah ulasan singkatnya.
Search Engine Marketing yang disingkat SEM, adalah strategi marketing di internet untuk menaikkan peluang web muncul di mesin pencari. Dibandingkan SEO yang membutuhkan waktu cukup lama sampai efeknya terlihat, SEM dapat mempercepat waktu tunggu Anda hanya dalam hitungan jam atau hari. SEM bisa dibilang lebih efektf karena juga mencakup SEO di dalamnya.
Pada dasarnya, SEM fokus menaikkan traffic web dengan iklan/promosi berbayar. Dengan kata lain, Anda perlu mengeluarkan uang. Iklan ini dapat berisi satu atau lebih kata kunci yang berkaitan dengan website Anda.
· Platform
Pertimbangan dalam memilih platform SEM terdiri dari biaya, demografi, dan jangkauan pencarian. Sebagai contoh, demografi Bing Ads fokus ke pengguna berusia muda dengan penghasilan tinggu. Namun, jangkauan pencarian Google Ads jauh lebih lebih tinggi, kurang lebih sekitar 100 miliar traffic per bulan.
· Keyword
Langkah terpenting dalam SEM adalah menentukan keyword (kata kunci). Saat melakukan riset kata kunci, pilih beberapa kata yang terkait dengan bisnis Anda baik barang atau jasa. Kemudian, tambahkan kata kunci lain agar pengguna melakukan pembelian, contohnya adalah promo, diskon, beli, dll. Anda bisa memanfaatkan layanan riset semacam Google Trends untuk membantu.
Macam-Macam Keyword
· Targeting
Parameter yang bisa dijadian dasar untuk targeting audiensi yaitu:
· Copywriting
Pemilihan kata yang tepat pada website dan iklan akan menentukan keberhasilan SEM. Poin-poin pentingnya termasuk Headline, Description, Website URL, Site Extension, Callout Extension, Location Extension, dan Call Extension.
· Budgeting
Di sini Anda bisa mulai dengan iklan ber-budget rendah sekitar Rp20.000/hari. Kalau Anda langsung ingin menjangkau wilayah yang lebih luas, dana yang Anda persiapkan bisa habis dengan cepat.
Google Ads adalah pilihan yang “ramah: terutama untuk para pemula. Google mengadopsi sistem lelang yang berbeda dari platform iklan lain. Jika platform lain hanya fokus pada penawaran tertinggi, Google masih mempertimbangkan kualitas konsep iklan yang Anda bawa.
Fakta sudah membuktikan bahwa SEM memiliki banyak manfaat pada bisnis online.
1. Pemasaran bisa fokus ke target spesifik
Sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, keuntungan akan lebih cepat diperoleh jika produk ditawarkan ke orang yang tepat. Sebagai contoh, pedagang yang menjual produk bayi hanya akan menampilkan iklan kepada para ibu dengan fokus pada keyword “produk bayi murah”. Anda juga bisa menambahkan usia, waktu, gender, wilayah, dan sebagainya untuk menyasar target audiensi yang lebih spesifik.
2. Dapat menyesuaikan dengan budget yang ada
Meski tidak gratis, ada banyak pilhan SEM yang terjangkau. Jika budget yang Anda persiapkan sudah habis, iklan akan berhenti secara otomatis. Untuk pemasaran jangka panjang, budget yang lebih tinggi tentu akan lebih baik. Akan tetapi, bukan berarti SEM yang murah tidak efektif loh.
3. Membantu meningkatkan konversi
Konversi merupakan tindakan pengunjung website yang dilakukan sesuai dengan harapan pemilik web. Pengunjung tidak hanya melihat-lihat website, tetapi juga melakukan tindak lanjut seperti melakukan registrasi atau transaksi jual beli.
4. Memberikan hasil yang cepat
Segera setelah iklan yang Anda pilih tayang, Anda bisa melihat hasilnya lebih cepat. Kalau Anda sibuk tapi punya budget yang banyak, SEM lebih baik dibandingkan SEO.
Traffic yang didapat pada website Anda sebenarnya datang dari jumlah yang Anda bayar ke platform iklan. Dari sekian banyak penyedia campaign SEM, Google adalah salah satu yang terbaik. Jika perlu lakukan beberapa eksperimen untuk mengetahui iklan macam apa yang paling efektif.
Di bawah ini adalah daftar jenis-jenis campaign yang bisa dipilih.
Kampanye semacam ini bermanfaat untuk mencari calon pengguna baru dan meningkatkan penjualan. Untuk hasil terbaik, Anda perlu fokus pada penginstalan, engagement, dan prapendaftaran.
Untuk bisnis skala besar dengan jangkauan luas, discovery campaign akan memperbesar peluang website Anda ditemukan orang. Google menyatakan dua syarat utama untuk discovery campaign yaitu “mematuhi kebijakan Google Ads (termasuk personalized ads) dan pengaktifan pemberian tag di seluruh situs pada akun”.
Sesuai namanya, campaign ini lebh cenderung ke aspek visual seperti gif dan gambar. Anda dapat meng-highlight hal-hal seperti keutamaan produk, rata-rata jumlah penggunjung website, dan mem-follow mereka yang telah melihat iklan atau mengunjungi web Anda.
Secara spesifik, kampanye ini akan membuat orang ingin mengunjungi lokasi di mana Anda menjalankan bisnis. Misalnya, Anda mencamtumkan promosi atau event khusus yang berlaku pada toko fisik di iklan. Lalu, tambahkan detail lokasi sehingga calon pembeli bisa langsung pergi ke toko fisik Anda untuk melakukan transaksi pembelian secara langsung.
Campaign jenis ini akan memunculkan iklan teks di sebelah hasil penelusuran di semua mesin pencari Google. Search campaign dapat meningkatkan penjualan dan prospek bisnis, mudah diatur, dan mampu fokus ke target user tertentu.
Iklan berisi inventaris dan harga produk/jasa Anda akan muncul pada tab dan hasil penelusuran Google Shopping. Setelah mengeklik iklan tersebut, users akan diarahkan ke web e-commerce Anda.
Anda dapat menampilkan iklan video ke berbagai website salah satunya Youtube dengan video campaign ini. Beberapa format iklan video yang tersedia adalah:
Secara umum keduanya cukup mirip dan perbedaannya terletak pada cara menarik pelanggan. SEM menarik traffic dari iklan berbayar yang memanipulasi hasil penelusuran di SERP (Search Engine Result Page). Sementara itu, traffic SMM (Social Media Marketing) datang dari platform media sosial.
Pro | Kontra | |
SEM | Ada banyak pilihan untuk berbagai budget. Dengan instant trafiic atau PPC, hasil yang didapat lebih cepat. Dengan filter beragam, target yang diinginkan bisa dibuat lebih spesifik. | Cukup kompleks bagi pemula.Kompetisi antar-website ketat sehingga website dengan budget besar akan lebih unggul. Keuntungan yang didapat belum pasti dan jika budget habis peringkat website bisa turun dalam sekejap. |
SMM | Budget yang dikeluarkan cukup kecil. Dapat menjangkau audiensi yang lebih besar. Hasil bisa cepat jika menyinkronkan akun media sosial dengan halaman web dan postingan otomatis. Kampanye bisa dilakukan lebih mudah melalui platform media sosial. | Sering kali butuh banyak waktu untuk merancang desain dan konten untuk iklan, dan menaikkan jumlah pengikut. Aspek-aspek lain mungkin akan mengganggu iklan dan kampanye, yang kemudian mengarah ke hal-hal negatif seperti spam, troll, scammer, dll. Tanpa pengelolaan yang baik, Anda bisa kehilangan kendali atas SMM. |
Digiten merupakan penyedia jasa pembuatan website, seo dan sem. Apabila anda membutuhkan dukungan dari bidang tersebut maka kami akan dengan senang hati membantu anda.