Saat menjelajah dunia internet, Anda pasti pernah mendengar istilah SEO sebelumnya. SEO menjadi penting dalam pertarungan sengit antar-website menuju peringkat tertinggi. Meski tampak mudah, banyak yang gagal karena SEO mereka asal-asalan. Untuk tahu lebih banyak tentang SEO, berikut informasi dasar yang perlu Anda cermati.
SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu upaya optimasi website untuk mencapai peringkat atas di mesin pencari. Dengan kata lain, SEO yang tepat akan memastikan website Anda lebih mudah ditemukan orang dalam proses penjelajahan di internet.
Website yang berada di peringkat teratas bisa dikatakan layak dan diakui oleh mesin pencari, untuk kemudian diakses dan dijadikan rujukan dalam mencari suatu informasi. SEO tidak hanya meningkatkan kuantitas, tetapi juga kualitas traffic.
SEO yang “sempurna” tidak hanya membuat pengunjung mampir ke website Anda begitu saja. Lebih jauh lagi, secara tidak langsung mereka akan ikut mendukung aspek-aspek lain seperti branding dan transaksi.
Memahami cara kerja mesin pencari amat penting dalam SEO sehingga Anda perlu tahu bagaiman mana mesin pencari bekerja.
1. Organic traffic
Seseorang mulai memasukkan kata kunci ke mesin pencari. Tautan hasil pencarian pun akan muncul di halaman. Momen ketika pengguna meng-klik tautan tersebut itulah yang disebut dengan organic traffic. Ini adalah salah satu jenis traffic favorit karena gratis, mudah, dan bisa meningkatkan konversi.
2. Paid traffic
Traffic jenis ini datang dari iklan, promosi, atau kampanye berbayar. Semakin mahal biaya yang dikeluarkan, semakin cepat website Anda berada di peringkat atas.
SEO memiliki berbagai manfaat untuk keperluan pribadi maupun komersial seperti blog dan bisnis.
1. Menambah jumlah pengunjung
Jumlah pengunjung bisa meningkat karena mereka dapat menemukan website Anda dengan lebih mudah. Secara umum, orang biasanya malas untuk lanjut ke halaman kedua di mesin pencari. Mereka cenderung fokus pada apa yang sudah ada di depan. SEO organik misalnya, dapat meningkatkan traffic pengunjung website tanpa bergantung pada promosi iklan berbayar.
2. Membangun brand awareness
Suatu brand bisa semakin dikenal karena adanya review yang baik di internet. Dan salah satu situs yang sering dikunjungi untuk melihat review adalah Google. Semakin sering website Anda muncul di halaman pertama, kemungkinan besar seseorang akan kembali lagi ke website Anda setelah 2-3 kali.
Oleh karena itu, Anda perlu membuat daftar keyword yang akan sering merujuk ke web Anda. Misalnya, jika Anda punya usaha mebel kayu dengan nama “JATI”, ke depannya orang bisa cukup mengatakan JATI sebagai kata ganti mebel. Contoh populer lainnya adalah merek AQUA yang lebih sering dipakai untuk menjelaskan air minum.
3. Menghasilkan keuntungan
SEO yang bagus ternyata mampu mempengaruhi 39% keputusan seseorang untuk membeli sesuatu. Sekitar 75% pengusaha juga berpikir bahwa SEO adalah cara pemasaran yang baik dalam bisnis.
Meskipun penggunaan media sosial juga dipakai dalam marketing, nyatanya SEO pada website jauh lebih efektif. Seiring berjalannya waktu, Anda juga bisa memakai traffic untuk melakukan riset pasar. Ketika pengunjung sering mendapati website ada di peringat teratas search engine, kemungkinan besar mereka bisa menjadi pelanggan setia Anda.
4. Berperan sebagai investasi jangka panjang
Secara alami, traffic yang dibangun dengan SEO akan menguatkan posisi website Anda. Anda tidak perlu khawatir karena posisi web tidak akan langsung turun seperti halnya dengan penggunaan paid traffic.
Selain itu, iklan/ads yang muncul saat website muncul di mesin pencari terkadang justru tidak disukai oleh sebagian pengguna internet. Beberapa di antara mereka bahkan malas meng-klik tautan web karena ada iklannya walaupun hasil pencarian keyword-nya relevan.
Menurut HubPost dan Search Engine Watch, 75% pengguna sering kali hanya berhenti pada halaman pertama mesin pencari. Jadi, kemungkinan besar website-website di halaman kedua, ketiga, dan seterusnya tidak akan diakses oleh pengguna.
SEO On Page fokus pada halaman depan website. Hal ini termasuk konten (judul, isi, struktur, & gambar), keyword, Internal link, permalink, serta elemen SEO lain. Pastikan keyword yang sudah ditentukan relevan dengan konten yang dimuat dalam website.
Beberapa hal yang bisa dilaukan untuk mengoptimalkan SEO On Page yaitu:
- Memperbaiki tampilan website
Contohnya adalah memberikan gambar yang jelas dan menarik, memasukkan heading, tag, meta description, dll. dengan benar.
- Membuat konten yang komprehensif, ramah, dan beragam
Artikel dibuat harus memenuhi standar kuantitas dan kualitas. Setiap artikel setidaknya harus terdiri dari 700-1000 kata. Perhatikan pula isi, tata, bahasa, dan frekuensi.
- Meningkatkan kemudahan dalam mengakses website
Anda perlu mempertimbangkan HTML, berat dan kecepatan website, serta link yang ada dalam web. Artikel yang bagus tidak ada artinya jika website Anda sulit diakses karena loading page yang lama. Selain keyword, mesin pencari juga mempertimbangkan aksesibilitas sebelum memberikan peringkat ke suatu website.
Tujuan utama SEO Off Page adalah membantu mesin pencari memahami kualitas website Anda dalam hal manfaat dan relevansi bagi orang lain. Aspek yang bisa ditingkatkan dalam hal ini adalah:
· Backlink
Pertama, Anda bisa memanfaatkan guest blog, yaitu “menitipkan” artikel Anda ke website lain dengan menambahkan backlink yang akan mengarah ke website Anda sendiri. Kedua, Anda bisa menambah tautan ke website lain dalam website Anda sendiri.
Tautan ke website lain ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih akurat yang belum tersedia di website Anda. Ini adalah simbiosis mutaualisme yang berguna bagi website Anda dan website orang lain. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam menggunakan backlink karena ini bisa menurunkan peringkat web di mesin pencari.
· Promosi
Anda bisa menambahkan tautan yang berisi nama domain atau judul artikel ke sosial media, forum, email, review mesin pencari, dan pameran luring. Dengan cara ini orang di luar target audiensi Anda bisa mendapat kesempatan untuk lebih mengenal website Anda. Jika puas, mereka mungkin akan memberikan ulasan/testimoni yang akan semakin meningkatkan kualitas website Anda di mata mesin pencari dan para profesional.
SEO | SEM | |
Biaya | Gratis, tapi bisa berbayar sesuai tool yang dipakai. | Berbayar, mulai dari yang paling terjangkau hingga paling mahal. |
Fokus | Menambah pengunjung sesuai kata kunci yang ditargetkan. Baik itu sifatnya informatif atau transaksional. | Lebih kepada tujuan pemasaran produk/jasa melalui web. Setelah mengakses website, pengunjung akan melakukan tindak lanjut seperti membuat akun atau membeli produk |
Waktu | Bisa memakan waktu berbulan-bulan sebelum hasilnya terlihat. | Web dapat menempati peringkat atas dalam waktu singkat. |
Tampilan | Bebas dari label iklan. | Ada tulisan iklan/ads di halaman mesin pencari. |
Efektifitas | Cocok untuk blog pribadi dan website bisnis. | Lebih esuai untuk mereka yang bergelut di bidang bisnis atau e-commerce. |
Traffic | Umumnya bekerja dengan organic traffic di mana web muncul di mesin pencari secara alami. Mampu bertahan secara konsisten dalam jangka panjang selama optimasi SEO-nya baik. | Biasanya menggabungkan organic dan paid traffic. Iklan secara langsung berhenti saat budget habis sehingga hal ini berpengaruh signifikan terhadap traffic web. |
Keduanya sama-sama bermanfaat dan untuk memilih mana yang lebih cocok, itu tergantung kebutuhan Anda. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan biaya, umur website, status website, posisi pesaing dan seberapa ahlikah Anda di bidang yang digeluti.
Apabila anda merasa ragu langkah mana yang ingin anda tempuh untuk mempromosikan website anda silahkan konsultasikan dengan kami. Tim Digiten dapat melayani jasa seo maupun jasa sem untuk website anda.