October 8, 2022

10 Komponen Bisnis Online Yang Harus Anda Tahu

komponen-bisnis-online

Semenjak pandemi, perpindahan bisnis dari offline ke online sudah tak terhindarkan. Di era new normal sekarang, perilaku konsumen berubah dari yang biasanya berbelanja di toko fisik, kini lebih suka mengunjungi toko online.

Nah karena sekarang sudah jamannya internet marketing, sebagai seorang pebisnis, anda wajib tahu komponen dalam bisnis online adalah hal yang wajib dikuasai. Karena itu, sebelum mendigitalkan bisnis anda, pastikan memahami komponen bisnis online berikut ini.

Content Marketing

Dalam pemasaran online, "Content is a king!". Ini artinya anda harus menyediakan informasi yang cukup baik itu di blog, website atau toko online anda. Memberikan konten yang tepat juga akan berguna karena akan menarik calon pelanggan potensial. Disamping itu, konten yang menarik akan menambah kepercayaan konsumen terhadap toko online.

Untuk konten yang disediakan bisa bermacam-macam. Bisa berupa video, audio, e-book, inforgrafis. Biasanya konten yang disediakan sebaiknya berhubungan dengan produk dan bertujuan untuk menjalin hubungan dengan audiens.

Search Engine Marketing

Kebanyakan masyarakat mencari sebuah produk menggunakan mesin pencari. Kalau di Indonesia, mesin pencari yang paling terkenal adalah Google. Makanya tidak heran kalau para pebisnis online memanfaatkan mesin pencari ini sebagai media untuk memasarkan produk mereka.

Bila anda ingin melakukan pemasaran di Google, anda bisa memasang iklan. Iklan di Google akan memungkinkan produk anda terpasang di halaman pertama mesin pencari sehingga peluang untuk dikunjungi pengunjung potensial lebih tinggi.

Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization)

Selain memasang iklan di Google lewat search engine marketing, anda juga perlu menginvestasikan waktu anda untuk melakukan SEO atau search engine optimization. SEO ini berkaitan erat sekali dengan konten marketing yang mana sangat menguntungkan karena website mendapatkan trafik secara gratis dari mesin pencari.

Anda tinggal melakukan optimasi kata kunci tertentu agar bisa masuk di halaman pertama Google sehingga menghasilkan trafik.

Sayangnya tak semua orang bisa memanfaatkan SEO dengan benar. Cara terbaik adalah mencari jasa SEO yang berkualitas untuk membantu anda mencapai tujuan.

Perlu diingat, strategi SEO ini benar-benar butuh waktu. Tidak seperti SEM.

Social Media Marketing

Tidak hanya mesin pencari yang sedang tren, media sosial juga sedang naik daun dan menjadi platform yang paling aktif yang digunakan pengguna internet. Media sosial ini memiliki banyak fungsi seperti saling berbagi, bersosialisasi, hingga promosi sekalipun.

Dengan banyaknya pengguna sosial media, maka tidak salah karena platform ini sangat potensial untuk dijadikan ladang untuk beriklan. Beberapa sosial media yang paling sering dijadikan tempat beriklan adalah TikTok, Instagram, Facebook dan juga Youtube.

Baca juga : 9 Pilihan WordPress Page Builder untuk Berbagai Kalangan

Website

Bila anda berbicara soal bisnis online dan pemasaran, maka website adalah benang merahnya. Website akan membuat bisnis anda jadi lebih profesional.

Dalam website ini, anda sebaiknya menampilkan produk, profile perusahaan, informasi yaitu berupa teks, video, gambar, infografis dan lainnya yang bertujuan untuk menarik dan mempengaruhi konsumen.

Email Marketing

Email marketing merupakan metode marketing yang digunakan sejak email dipakai untuk berkomunikasi. Meski demikian, sampai saat ini email juga masih sering digunakan oleh banyak orang terutama untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan, konsumen, dan juga prospek bisnis.

Pada prakteknya, email marketing berisi surat elektronik atau news letter yang berisi ucapan terimakasih, penawaran, informasi dan lain sebagainya. Kemudian email ini dikirimkan ke banyak orang.

Menurut banyak pebisnis online, email marketing ini masih dianggap sebagai cara yang efektif untuk menarik calon konsumen agar membeli produk anda. Apa lagi sekarang tool email marketing juga lebih canggih. Anda bisa mengirimkan banyak email hanya dalam sekali waktu.

Online Advertising

Online advertising adalah strategi memasang iklan melalui penyedia jasa iklan di internet. Biasanya tujuan iklan ini ada dua yaitu untuk sales atau branding. Atau bisa juga keduanya sekaligus.

Dalam penerapannya, kita harus menetapkan tujuan kenapa kita memasang iklan tersebut. Apakah ini tujuannya untuk branding atau untuk penjualan. Selanjutnya anda tinggal memilih media yang sesuai.

Sejumlah jenis iklan yang bisa anda coba adalah Pay Per Click Ads (Google Adwords), Artikel yang disisipi link (Blog), Social Media Ads (Facebook Ads, Youtube Ads, Instagram Ads atau TikTok Ads).

Website Analysis

Analisis website adalah komponen pemasaran yang sangat penting. Dengan melakukan analisis website, dampak pemasaran bisa diketahui.

Anda bisa melakukan analisis menggunakan pihak ke-tiga seperti Google Analytic. Tool ini akan membantu anda mengetahui perilaku pengunjung mulai dari jumlahnya, lama kunjungan, demografi dan sebagainya.

Jadi, di sini anda akan mendapatkan data yang akurat sehingga bisa mengambil keputusan untuk iklan berikutnya.

komponen-dalam-bisnis-online-adalah

Online Public Relation

Public Relation juga sangat diperlukan di dunia online. Mungkin anda sering mendengar istilah Cyber PR, PR on the net atau Online PR.

Nah, para online PR ini sangat membantu dalam membantu perusahaan atau bisnis dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Ini sangat penting bila anda ingin membangun brand, meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga kepercayaannya.

Anda bisa melakukan online PR dengan berbagai cara seperti menggunakan situs berita nasional, blog piopuler, media sosial atau komunitas online.

Segmentasi Pembeli

Melakukan segmentasi pembeli akan membantu anda mengelompokkan target pembeli sesuai dengan karakter produk anda. Segmentasi pembeli berarti anda mengelompokkan calon konsumen anda ke dalam beberapa tipe yang kemudian mereka bisa anda pilih sebagai target promosi.

Misalnya saja untuk skincare. Brand skincare memiliki sejumlah segmen seperti menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit.

Nah, karena dua segmen ini otomatis brand tersebut merilis produk untuk jerawat dan pencerah kulit yang nanti ditujukan ke konsumen yang tertarget.

Dalam menentukan segmentasi pembeli, jangan lupa untuk memperhatikan tiga hal ini antara lain:

Customer job - Pastikan anda juga mencari tahu masalah yang ingin diselesaikan oleh konsumen. Dan bagaimana jasa atau produk anda bisa membantu secara fungsional, emosional dan sosial.

Customer gain - Apa yang bisa diharapkan konsumen dari produk anda. Dalam artian ini adalah tentang manfaat produk anda. Bentuknya bisa berbagai macam bisa dalam bentuk sosial, efisiensi hingga fungsi.

Customer Pain - Kelemahan-kelemahan produk anda atau resiko yang didapat oleh konsumen anda. Anda harus mengecek, apakah ada hal ini dan solusi apa yang bisa ditawarkan?

Dengan mengetahui segmentasi pembeli, anda akan tahu mana produk yang bisa ditawarkan dan mana produk yang sebaiknya anda boost iklannya supaya mendapatkan profit yang lebih tinggi lagi.

Nah, itulah beberapa komponen bisnis online yang perlu anda tahu sebelum membuka bisnis online. Pastikan untuk selalu melakukan evaluasi usaha secara rutin untuk memahami performa bisnis anda setelah menerapkan sejumlah strategi. Ini penting untuk mengetahui apakah sebuah strategi perlu dilanjutkan atau tidak supaya anda tidak buang-buang waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram