Salah satu profesi yang penting dalam bisnis adalah admin penjualan atau sering disebut sales admin. Perannya sangat penting dalam suatu bisnis karena berperan dalam memberikan hubungan yang penting antara wiraniaga dengan klien serta mendukung penjualan dalam usaha. Pekerjaan ini tergolong kompetitif dan penuh tantangan.
Sebagaimana namanya, seorang administrator penjualan berarti memegang tugas administratif yang penting dalam perusahaan. Setiap perusahaan akan membutuhkan peran ini sebagai pendukung berjalannya proses bisnis dengan baik. Bahkan, admin sales yang baik mampu tim penjualan untuk memenuhi targetnya.
Sales admin merupakan suatu profesi yang menangani beberapa hal dalam perusahaan, mulai dari memproses pemesanan, mengecek stok, hingga memastikan ketepatan harga jual. Dengan begitu, mereka berperan untuk membantu sales representative dalam meraih kesepakatan dengan pelanggan.
Sebagai perpanjangan tangan pihak perusahaan dengan konsumen, sales admin dibutuhkan untuk menjangkau pelanggan dengan maksimal. Termasuk melayani pelanggan dengan berbagai pertanyaan seperti pengiriman maupun pesanan produk.
Setelah mengetahui pengertian dari sales admin, sekarang saatnya untuk mengetahui tugas dari sales admin. Berikut ini adalah beberapa tugasnya:
Anda pasti pernah berbelanja online kan? Seorang sales admin memiliki tugas untuk memproses pesanan pembeli, termasuk memastikan pesanan mereka atau menanyakan jika pesanan pembeli kurang jelas.
Sebagai contoh, Anda berbelanja dress di sebuah toko online. Pilihan warna yang ingin Anda beli adalah maroon. Tapi ternyata stok dress warna maroon kosong, jadi tugas sales admin adalah menanyakan kepada Anda untuk mengganti warna atau membatalkan pesanan. Biasanya mereka akan menghubungi melalui telepon maupun pesan singkat.
Sales admin juga berperan dalam meneruskan pesanan yang masuk ke gudang atau bagian produksi. Peran mereka sangat penting karena meneruskan pesanan juga harus hati-hati. Jangan sampai salah dalam menulis rincian barang yang dipesan.
Anda tahu bahwa target pasar sangat penting bagi perusahaan. Ketika perusahaan berhasil menentukan target pasar dan menemukannya, maka mendapatkan pembeli jadi lebih mudah. Setelah pembeli melakukan pembelian di toko tertentu, sales admin juga perlu mencatat data demografi demi kebutuhan penjualan.
Misalnya seperti apa data demografi para konsumen? Berapa rentang usia yang berbelanja, serta frekuensi mereka membeli barang. Semua informasi tersebut sangat penting untuk kemajuan suatu bisnis. Proses pemasaran akan dirancang sesuai dengan data demografi yang dicatat.
Baca juga : Apa Perbedaan Pemasaran Dan Promosi?
Seorang sales admin harus memiliki beberapa skills tertentu agar bisa bekerja dengan maksimal. Misalnya mempunyai beberapa skills penting berikut:
Setelah mengetahui beberapa tugas dan skill dari seorang admin penjualan di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk terjun di profesi ini? Bagaimanapun, jenjang karir seorang sales admin juga tergolong menjanjikan.