Untuk bisa bertahan di dunia bisnis yang keras, diperlukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Semua orang pasti ingin produk/jasanya laris di pasaran. Masalahnya, pelanggan bisa jadi melupakan brand Anda karena bosan.
Sejumlah brand terkenal seperti Apple menjadikan kreativitas sebagai kata kunci dalam mempromosikan produk mereka. Buktinya, grafik penjualan Apple terus meningkat dan Apple tetap bertengger di posisi atas sebagai produsen perangkat elektronik terutama komputer, laptop, dan ponsel.
Apakah Anda juga ingin memiliki bisnis yang sukses seperti brand-brand terkenal? Temukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang telah kami rangkum di bawah ini.
Ide kreatif bisa muncul kapan saja, tetapi riset terhadap pelanggan target tetap harus dilakukan. Setelah ide mempunyai kerangka yang jelas, tantangan berikutnya adalah mewujudkannya. Salah satu halangan yang umum dihadapi adalah terbatasnya dana. Oleh karena itu, Anda perlu lebih peka terhadap sekitar. Ingat bahwa anggaran promosi yang besar tidak selalu menjamin kesuksesan.
Anda patut bersyukur karena sejumlah ide kreatif bisa diwujudkan dengan kemajuan teknologi yang sudah ada. Namun, ini bukan berarti cara konvensioal akan gagal.
Siapa yang tidak bersemangat ketika mendengar kata “gratis”? Setiap pelanggan pasti akan memburu produk Anda dengan penawaran semacam ini. Yang dimaksud gratis di sini bisa berupa produk, konsultasi, atau apa pun yang Anda pikir bisa bermanfaat bagi pelanggan.
Contoh:
Program ini akan menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand sekaligus mendorong terjadinya pembelian.
Contoh:
Alfamart, Matahari Department Store, dan Sociolla adalah beberapa contoh bisnis yang menawarkan program keanggotaan (membership). Pelanggan yang bergabung akan mendapatkan hak istimewa misalnya mengetahui produk keluaran terbaru lebih awal atau promo terbatas. Kalau sering ada diskon, para anggota pasti ingin membeli produk dari brand tersebut.
Iklan adalah salah satu strategi marketing yang wajib dioptimalkan. Setidaknya ada dua aspek yang bisa diajikan acuan. Pertama, keluar dari zona aman/umum. Kedua, memanfaatkan apa yang ada di sekitar. Tuangkan kreativitas Anda ke dalam pamflet, landing page, dan media lain.
Contoh:
Baca juga : Apa Perbedaan Pemasaran Dan Promosi?
Di samping membantu produk agar lebih dikenal orang, cara ini dapat menjangkau baik masyarakat luas maupun komunitas yang spesifik.
Contoh:
Jenis acara amal yang diadakan bisa disesuaikan dengan passion Anda atau hal yang terkait dengan industri yang digeluti. Pelanggan cenderung menyambut baik brand yang menunjukkan kepedulian dan berkontribusi pada masyarakat dan lingkungan. Selain meningkatkan penjualan, Anda akan mendapatkan loyalitas pelanggan dan perhatian bahkan dari mereka yang belum mengenal brand Anda.
Contoh:
Jadi, itulah beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang bisa kami bagikan. Coba salah satu dan lihat hasilnya pada penjualan Anda.