September 29, 2022

CPC (Cost per Click): Cara Menghitung dan Manfaatnya dalam Bisnis Online

cpc-cost-per-click1

Dalam digital marketing, istilah CPC sering dipakai karena itu adalah salah satu cara ampuh dalam memasarkan produk. Untuk memaksimalkan digital marketing, maka perlu memahami dasar-dasar CPC seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Pengertian

CPC (Cost per Click) adalah metode pengukuran biaya iklan yang akan dilihat pengguna di berbagai platform. Besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung dari apakah iklan akan diklik pengunjung atau tidak. Jika pengunjung hanya sekedar lewat, Anda tidak perlu membayar iklannya. Oleh karena itu, terkadang istilah PPC (Pay per Click) sering dipakai secara bergantian walaupun keduanya tidak sama persis.

Cara Kerja

Pertama advertiser (yang ingin memasang iklan) memberikan penawaran tentang jumlah biaya maksimum yang mampu dibayar untuk setiap iklan yang diklik. CPC maksimum diperlukan agar biaya per klik tidak akan melampaui biaya maksimum.

Anda bisa memilih manual bidding atau automatic bidding yang membantu menentukan bid terbaik sesuai anggaran. Total biaya yang akan ditagih untuk sebuah klik disebut CPC aktual.

Kesulitan yang mungkin dihadapi adalah pengeluaran untuk iklan yang tidak sinkron dengan keuntungan bisnis. Di sinilah, Anda harus lihai dan cermat dalam menentukan CPC sehingga tidak merugikan bisnis.

Jenis Bidding CPC

Jika memilih Google Ads atau penyedia layanan iklan lain, Anda harus mengetahui strategi bidding CPC.

1.   Manual bidding

Sejak awal, Anda-lah yang akan menentukan jalannya bidding. Anda bisa membuat bid atau harga maksimum yang rela Anda bayar untuk setiap klik pada grup iklan atau kata kunci yang berbeda. Dengan cara ini, ada kemungkinan bahwa biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit, tetapi biaya minimum untuk memasang iklan tetap harus dibayar.

2.   Automatic bidding

Tentukan anggaran harian, dan Google Ads akan mengelola bid Anda. Google Ads membantu menentukan strategi terbaik supaya tingkat kecenderungan iklan untuk mendapatkan klik semakin besar. Kemudahan yang ditawarkan bidding jenis ini nyatanya telah menarik minat banyak pebisnis pemula.

Beberapa jenis Iklan yang memakai CPC yaitu:

  • Facebook Ads
  • Google Search Ads
  • Image Ads
  • Instagram Ads
  • LinkedIn Ads
  • Shopping Ads
  • Text Ads
  • Twitter Promoted Tweets
  • Video Ads

Manfaat CPC

Pengukuran CPC sejatinya memberi beragam manfaat pada bisnis yang Anda jalankan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bisa memilih strategi supaya iklan hanya dapat ditujukan atau dilihat oleh konsumen atau pengguna dengan kriteria tertentu saja.
  2. CPC bisa dijadikan informasi apakah kata kunci dan iklan yang Anda buat sudah tepat sasaran.
  3. Mendatangkan traffic yang diperlukan web. Jika SEO masih memerlukan waktu, Anda bisa mengawali kiprah bisnis Anda dengan CPC terlebih dahulu.
  4. Mengestimasi biaya untuk iklan dengan traffic yang masuk. Dengan kata lain, ini masalah seberapa efektif iklan yang diklik bagi keuntungan perusahaan.

Baca juga : SEM : Definisi dan Unsur Penting Lainnya

Cara Menghitung CPC

Untuk menghitung Cost Per Click sebenarnya cukup mudah dengan menerapkan rumus dasar berikut.

CPC =  biaya iklan : jumlah klik

Contoh

Suatu penyedia iklan menawarkan 1.000 klik dengan harga Rp2.000.000. Dalam sebulan, iklan yang diklik pengunjung rata-rata berjumlah 500 klik. Berapa jumlah CPC dan tagihan yang harus dibayar dalam satu bulan tersebut?

Jawab:

CPC        = biaya iklan : jumlah kilik

                = 2.000.000 : 1000

                = 2.000

Tagihan CPC = Rp2.000 x 500

                         = Rp1.000.000

Perbandingan CPC dan CPM

  • Pada Cost Per Click, Anda hanya perlu membayar tagihan dari setiap iklan yang diklik saja. Sebagai contoh, kalau iklan Anda tampil 100 kali, tapi hanya 20 pengunjung yang mengklik iklan tersebut, biaya yang dibebankan berasal dari 20 klik itu saja. Sisa 80 iklan yang hanya numpang lewat tidak perlu dibayar.
  • Lalu bagaimana dengan CPM (cost per mile/cost per thousand impression)? Standar umum CPM biasanya adalah pembayaran sekaligus pada iklan yang tayang 1000 kali. Entah diklik atau tidak, Anda harus tetap membayar sejumlah 1000 iklan yang harganya sudah ditetapkan di awal.

CPM juga lebih cocok diterapkan pada web yang sudah memiliki traffic yang tinggi, perusahaan berskala besar, dan mereka yang punya budget tak terbatas dan berpengalaman.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi CPC

Untuk menentukan keberhasilan Cost Per Click banyak faktor yang harus diperhitungkan.

1.   Ad copy

Dalam menulis ad copy, ada tiga unsur penting yang harus diketahui yaitu manfaat, fitur, dan call to action. Salah satu tips untuk membuat ad copy adalah pemilihan kata/frasa yang cerdas dan jenaka sehingga mampu menarik minat pengguna atau calon pembeli.

2.   Industri

Bidang yang Anda geluti dalam bisnis juga berpengaruh pada seberapa ketat persaingan di lapangan. Sebagai contoh, industri real estate mempunyai rata-rata CPC $1.36 atau sekitar Rp20.000. Jadi, jika Anda memilih keyword yang berkaitan dengan real estate yang kurang popoler, maka tagihan CPC-nya akan relatif lebih kecil. Dan semakin ketat kompetisinya, semakin mahal pula tagihan CPC-nya.

3.   Jenis iklan

Akan lebih baik jika Anda memilih jenis iklan yang menghasilkan traffic yang tinggi tapi dengan CPC yang murah. Salah satu jenis iklan yang CPC-nya rendah adalah iklan teks.

4.   Kata kunci

Kata kunci yang populer biasanya berdampak pada biaya CPC yang tinggi. Untuk menghindari persaingan pada kata kunci populer, disarankan untuk memilih kata atau frasa khusus yang kemungkinan besar digunakan calon pembeli untuk mencari produk Anda.

5.   Landing page

Landing page khusus perlu dibuat untuk iklan CPC. Setelah pengunjung mengklik iklan, mereka harus diarahkan ke halaman yang berisi ringkasan informasi yang dibutuhkan tentang produk/jasa Anda. Singkatnya, secara visual landing page in harus menarik dan mudah diakses. Perhatikan headline, copy, bentuk, dan tombol saat membuat landing page.

6.   Lokasi pengguna/pengunjung

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, CPC-nya cenderung lebih rendah dibandingkan di negara maju.

7.   Peringkat iklan

Ad rank atau peringkat iklan ini dihitung berdasarkan kualitas iklan, jumlah bid, dan beberapa faktor eksternal seperti niat pengguna dan kualitas pengalaman pengguna.

8.   Skor kualitas

Relevansi kata kunci, kualitas landing page, dan click-through rate (CTR) dipakai sebagai standar untuk menentukan skor kualitas. Publisher terkenal semacam Google hanya ingin menampilkan iklan yang berkualtas. Semakin bagus iklan Anda (misalnya dari segi pemilihan kata, warna, bentuk, dll.), maka biaya Cost Per Click-nya bisa lebih rendah.

9.   Tipe Perangkat

Umumnya iklan yang tampil di desktop memilki CPC yang lebih tinggi daripada iklan di perangkat seluler.

Apakah CPC pilihan yang tepat?

Saat Anda ragu apakah CPC merupakan hal yang tepat, itu semua tergantung pada diri Anda sendiri.  Akan tetapi, sebaiknya Anda mengevaluasi kelebihan dan kekurangan Cost Per Click sebelum mengambil keputusan.

Kelebihan

  1. Fleksibel dalam hal biaya dan di mana iklan akan ditampilkan. Anda bisa menentukan tarif Cost Per Click, baik secara manual atau dengan bantuan platform tertentu. Secara spesifik, Anda juga bisa menargetkan mesin pencari, blog, atau web khusus untuk kampanye iklan produk Anda.
  2. Membantu analisis target penjualan. Anda tidak hanya mengetahui berapa jumlah klik yang terjadi, tetapi juga informasi lain seperti pekerjaan, lokasi, waktu pengunjung mengklik iklan, dsb.
  3. Menaikkan traffic web lebih cepat daripada SEO. Berawal dari Cost Per Click, Anda menggunakan pengetahuan ini untuk memaksimalkan SEO organik, terutama melalui kata kunci yang tepat.

Kekurangan

  1. Biaya tambahan mungkin harus dikeluarkan jika kualitas iklan rendah. Kasus klik palsu juga bisa terjadi dan hal ini sulit dicegah. Akibatnya, Anda harus membayar lebih di luar klik yang sebenarnya.
  2. Kurang efektif untuk mengoptimasi kesadaran merek dan produk serta tidak menjamin penjualan yang tinggi.
  3. Persaingannya ketat di dunia digital marketing. Keyword yang populer dan kompetitor dengan budget besar bisa mengancam CPC Anda.
  4. Tergantung tipe dan budget, iklan akan berhenti saat investasi tidak dilanjutkan.

Apabila anda masih ragu dalam mengambil keputusan dalam hal CPC ini, maka anda dapat berkonsultasi dengan tim Digiten. Sebagai penyedia layanan jasa pasang iklan Google tim Digiten mampu membantu anda memaksimalkan kampanye CPC anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram