September 22, 2022

6 Cara Monetisasi Instagram Yang Patut Anda Coba

monetisasi-instagram-2022

Tahukah anda kalau Instagram menginvestasikan dana sebesar 1 miliar USD di akhir 2022 untuk para kreator? Hal ini merupakan salah satu bukti dan upaya platform ini dalam mendorong pengguna untuk menjadikan sosial media sebagai pekerjaannya. Memang bukan jalan cepat untuk jadi kaya, tapi dengan tahu cara monetisasi Instagram, anda akan memiliki kesempatan mendapatkan penghasilan lebih besar dengan fitur ini.

Kali ini kita akan membahas seluk beluk monetisasi Instagram, cara dan syaratnya.

Apa Itu Monetisasi Instagram?

Pastikan anda membedakan pengertian monetisasi dan selling. Untuk kreator dan influencer, monetisasi akun Instagram bukanlah menjual produk fisik atau digital kepada audience-nya. Monetisasi di sini diartikan sebagai mendapatkan penghasilan atas konten yang telah dibuat, dalam hal ini Reels, post dan stories.

Sementara itu, selling ke media sosial (melalui Instagram Shop atau memasukkan link toko ke media sosial) dinamakan social commerce. Jadi cara ini tidak bisa disebut dengan monetisasi.

Cara Monetisasi Akun Instagram

Ada dua cara monetisasi akun Instagram Anda, yang pertama yaitu dari luar Instagram, dan dari Instagram itu sendiri menggunakan sejumlah tool yang memungkinkan penggunanya menghasilkan uang.

Mari kita simak cara-caranya:

Bekerjasama Dengan Brand

Cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan orang. Sebuah brand akan membayar anda untuk in-feed photo, content, Story, video atau Reel.

Anda pasti sering melihat jenis konten bertipe "sponsored post" dimana para influencer mengambil foto produk, membicarakan seberapa keren produk tersebut kemudian brand-nya di tag.

Apa lagi sekarang fitur baru seperti Reels dan Stories juga hadir di Instagram sehingga memungkinkan anda untuk membuat konten yang lebih menarik dan autentik.

Perlu anda ketahui, bekerjasama dengan brand ini sangatlah mudah karena anda bisa secara proaktif berinteraksi dengan pemilik bisnis, membicarakan brief hingga biaya promosi.

Tapi perlu diingat, anda membutuhkan sejumlah follower untuk bisa bekerjasama dengan mereka.

Bagaimana Caranya?

  • Untuk konten "infeed" atau Story yang dibayarkan atau yang dapat "free produk" sebagai kompensasi harus menggunakan label "Paid partnership with".
  • Siapkan presentasi terbaik anda kenapa andalah yang layak dipilih untuk mereprentasikan produk mereka. Siapkan apa yang anda tawarkan selain follower.

Apa Syaratnya?

Tidak ada jumlah minimal follower. Tapi setidaknya anda memiliki follower 10.000. Biasanya banyak yang sukses melakukan deal dengan jumlah follower ini.

monetisasi-instagram-terbaru

Bergabung Program Affiliate

Instagram membuat perubahan besar pada tahun 2021 yang memungkinkan anda untuk menaikkan jumlah penghasilan anda.

  • Pertama, mereka membolehkan anda untuk menempelkan link di Stories. Biasanya yang boleh melakukan ini adalah yang memiliki follower 10.000, tapi sekarang siapapun bisa.
  • Ikut program Instagram Affiliate

Sistem affiliate sebenarnya sudah ada sejak lama. Anda tinggal membagikan link produk yang bisa dilacak, kemudian konsumen membeli melalui link anda lalu komisi akan dicairkan.

Di sini, Instagram Stories adalah cara yang paling pas untuk membagikan link affiliate. Perlu diingat, platform ini mengijinkan anda untuk melakukan hal ini selama anda mengatakan ke audience kalau ini adalah link affiliate.

Bagaimana Caranya?

  • Cukup masukkan link affiliate di bagian Bio, atau stories.
  • Bila Anda bergabung dengan Instagram Affiliate, mereka akan menyediakan sejumlah tool yang memudahkan anda untuk membagikan produk yang menarik. Namun dilansir dari Instagram hal ini masih dalam tahapan test.
  • Berusahalah jujur dengan audience anda. Gunakan hashtag #ad, atau nantinya ketika Instagram Affiliate dirilis, mereka akan melampirkan label "Eligible for commission".

Apa Syaratnya?

Pastikan anda mematuhi guidelines dan kebijakan monetisasi di platform ini.

Baca juga : SEO : Pengertian, Manfaat & Cara Kerjanya

Manfaatkan Badges Saat Livestreams

Saat anda sedang melakukan livestream, viewer bisa membeli sebuah fitur yang disebut Badges. Nah, Badges ini bisa diberikan kepada kreator. Harganya pun bervariasi.

Sebagai tips, karena fitur ini masih baru, jangan lupa untuk mengenalkannya kepada audience selama melakukan livestream.

Sayangnya, fitur Badges ini masih terbatas di beberapa negara. Saat ini Instagram sedang melakukan testing di beberapa negara dulu seperti UK, Prancis, Australia dan lainnya.

Cara Menggunakan Badges

Untuk menggunakan Badges, anda tinggal ke "Professional Dashboard", klik bagian "Badges" kemudian nyalakan.

Apa Syaratnya?

Jadi kalau ingin mendapatkan fitur ini, anda setidaknya harus:

  • Berada atau tinggal di Amerika.
  • Punya akun bisnis atau kreator.
  • Punya setidaknya 10.000 follower.
  • Berusia di atas 18 tahun.
  • Mematuhi aturan monetisasi Instagram.
cara-monetisasi-instagram

Menyalakan Iklan Di Reels

Bulan Februari 2022, Instagram menawarkan in-stream video ads sebagai salah satu cara memonetisasi akun. Dengan menyalakan fitur ini, brand bisa tayang sebelum, selama dan setelah video diputar.

Instagram Reels adalah cara terbaik untuk menumbuhkan akun anda, jadi akan lebih baik kalau anda fokus ke sana sebelum opsi monetisasi ini diluncurkan.

Cara Mengaktifkan Iklan Di Reels

  • Saat ini masih dalam pengembangan oleh Instagram, jadi pastikan untuk terus melihat pengumuman resmi dari mereka.
  • Gunakan rasio 9:16 dan pastikan teks tidak tersembunyi saat video diputar.

Apa Syaratnya?

Syarat Agar Bisa Mengaktifkan Iklan Reels yakni pastikan Anda mengikuti aturan di platform ini dan pastikan konten yang diupload asli dan tidak memiliki watermark. Hindari menggunakan video yang repost.

Aktifkan Instagram Subscriptions

Fitur ini sudah ada di platform Facebook sejak tahun 2020. Subscription akan mengharuskan follower Anda untuk subscribe bulanan untuk bisa menikmati konten anda langsung dari Instagram. Meski demikian, fitur ini masih dalam tahap testing.

Kelak, kalau fitur ini akhirnya dirilis di Indonesia, ini akan menjadi sumber income bagi anda. Dan anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menumbuhkan bisnis yang sudah ada.

Hal terbaik dari fitur ini adalah, anda bisa menghasilkan uang hanya dengan subscription. Yang perlu anda lakukan adalah memastikan audience anda suka dengan apa yang anda lakukan. Anda bisa memulainya dengan bertanya apa yang ingin mereka gali dari tema yang anda bawakan.

Fitur ini tidak seperti tipe monetisasi lainnya yang selalu berhubungan dengan jumlah view atau kompetisi konten, di sini anda justru yang memegang kendali subscriber anda.

Bagaimana Caranya?

Sampai saat ini, fitur ini masih berbasis invite khusus dari Instagram. Meski demikian nantinya juga akan menyebar. Jadi siapa tahu nanti anda akan mendapatkan undangan dari Instagram untuk mengaktifkan fitur ini.

Apa Syaratnya?

Satu hal yang harus anda pastikan adalah selalu mengecek apakah akun anda sudah sesuai dengan kebijakan monetisasi dan guideline di platform ini.

Itulah beberapa cara monetisasi Instagram yang bisa anda coba. Kira-kira anda pilih yang mana? Kalau memungkinkan, tidak ada salahnya kalau anda mencoba semua, karena ini akan menambah sumber penghasilan anda. Instagram sedang berusaha menarik user sebanyak mungkin. Jadi tidak heran bila mereka mencoba memanjakan creator dengan berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat. Ini juga untuk menjaga kualitas Instagram itu sendiri agar tidak kalah saing dengan aplikasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram