March 18, 2023

Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada Secara Efektif

cara-meningkatkan-penjualan-di-lazada2

Anda perlu mengetahui cara meningkatkan penjualan di Lazada karena banyak orang berbelanja di platform ini. Jumlah penjual yang meningkat juga makin memperketat persaingan untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa cara meningkatkan penjualan di Lazada bisa dilakukan baik oleh para pemula maupun ahli. Untuk mempertahankan bisnis dan meningkatkan pendapatan, coba terapkan tips berikut.

1.  Customer Engagement Management (CEM)

CEM adalah fitur chat premium yang memudahkan penjual berinteraksi dengan pembeli. Dengan CEM, penjual bisa memasarkan produk dan mengikuti program penjualan yang diadakan Lazada. Kalau sibuk, penjual pun bisa mengatur pesan otomatis terjadwal.

Dalam proses interaksi ini, penjual membantu mengarahkan pembeli mulai dari pengenalan produk hingga proses pengiriman. Sebagai fitur premium, penjual hanya bisa menggunakannya setelah memenuhi 3 syarat: (1) jumlah follower >= 200. (2) rating toko >= 85%, dan (3) persentase membalas chat >= 85%. Caranya adalah masuk ke Lazada Seller Center, klik Pusat Keterlibatan (menu sebelah kiri), pilih Interaksi Pelanggan.

2.  Lazlive

Lazlive mirip dengan live streaming atau live shopping pada aplikasi/platform lain. Ketika penjual menjelaskan suatu produk, pembeli bisa bertanya langsung kepada penjual. Selain gratis dan bermanfaat untuk meningkatkan traffic, penjual pun bisa mendapat reward dari Lazada. Reward akan diberikan jika penjual berhasil menyelesaikan tantangan tertentu.

3.  Lazada Ads

Fitur ini bekerja dengan sistem pay-per-click. Anda perlu membayar jika sebuah iklan diklik oleh pengguna Lazada. Jangan khawatir karena biayanya cukup terjangkau. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan misalnya iklan banner, iklan pencarian toko, atau iklan produk baru.

cara-meningkatkan-penjualan-di-lazada1

4.  Multi Warehouse (MWH)

Program ini membantu penjual dalam hal pemesanan. Satu akun Lazada cukup untuk mengonfirmasi stok barang di beberapa gudang bersama dengan rincian produk dan lokasi pengiriman.

5.  Virtual Key Account Management (VKAM)

Layanan ini terdiri dari beberapa fitur dan manfaat misalnya Flexi Combo, Cancellation Rate, Collectible Voucher, dll. Lazada menyediakan satu agen untuk satu penjual yang bekerja memandu dan membantu dalam hal pemasaran dan promosi. VKAM mampu meningkatkan performa toko penjual dan mengurangi risiko penjualan.

6.  Cross Selling

Cross selling atau pemasaran silang mempermudah pelanggan menjangkau penjual. Di samping mengoptimalkan akun Lazada yang ada, penjual perlu memanfaatkan media sosial dan platform lain contohnya TikTok, Instagram, dan sejenisnya.

7.  Menaikkan dan Mempertahankan Rating

Rating yang bagus (4-5) bisa didapat dengan fokus pada 3 prinsip utama.

  1. Response. Penjual harus meyakinkan pembeli bahwa ulasan yang positif dan negatif akan sama-sama diterima dan diperhatikan dengan baik.
  2. Reward. Apresiasi pembeli dengan memberikan voucher/diskon.
  3. Remind. Rajin-rajinlah mengingatkan pembeli untuk memberikan ulasan selambat-lambatnya 30 hari setelah pembelian.

Baca juga : Algoritma Shopee : Tips Optimalisasi Tanpa Ribet

8.  Memaksimalkan Visual Toko

Ketika memotret produk, perhatikan cahaya, posisi, dan background. Foto yang berkualtas tentu akan menarik secara visual. Lalu, urutkan produk sesuai kategori untuk memudahkan pencarian.

9.  Memposting Video dan Feed Secara Rutin

Ketika menyajikan suatu konten yang menarik (tips, solusi, dll.), selipkan beberapa pengetahuan tentang produk dan brand Anda. Waktu mem-posting bisa dilakukan bersamaan dengan event yang diadakan Lazada misalnya Lucky Draw atau Offline Event.

10.  Menganalisis Data Traffic

Dari fitur ini, penjual bisa mengetahui data-data traffic yaitu siapa, kapan, di mana, tren terbaru, dsb. Secara khusus, penjual bisa memfokuskan diri pada apa yang pelanggan inginkan dari suatu brand. Hasil analisis dari data tersebut nantinya bisa dipakai untuk menjalankan promosi yang lebih efektif dan efisien.

Inti dari berbagai cara meningkatkan penjualan di Lazada yang pertama adalah memanfaatkan semua fitur, layanan, dan event yang ditawarkan. Kedua, menyajikan konten menarik dan bermanfaat. Ketiga, melayani pelanggan dengan baik. Terakhir, tetap konsisten dan selalu melakukan perbaikan dan pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram