March 16, 2023

Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

ide-kreatif-untuk-meningkatkan-penjualan1

Untuk bisa bertahan di dunia bisnis yang keras, diperlukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Semua orang pasti ingin produk/jasanya laris di pasaran. Masalahnya, pelanggan bisa jadi melupakan brand Anda karena bosan.

Sejumlah brand terkenal seperti Apple menjadikan kreativitas sebagai kata kunci dalam mempromosikan produk mereka. Buktinya, grafik penjualan Apple terus meningkat dan Apple tetap bertengger di posisi atas sebagai produsen perangkat elektronik terutama komputer, laptop, dan ponsel.

Apakah Anda juga ingin memiliki bisnis yang sukses seperti brand-brand terkenal? Temukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Tantangan Promosi

Ide kreatif bisa muncul kapan saja, tetapi riset terhadap pelanggan target tetap harus dilakukan. Setelah ide mempunyai kerangka yang jelas, tantangan berikutnya adalah mewujudkannya. Salah satu halangan yang umum dihadapi adalah terbatasnya dana. Oleh karena itu, Anda perlu lebih peka terhadap sekitar. Ingat bahwa anggaran promosi yang besar tidak selalu menjamin kesuksesan.

Berbagai Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan

Anda patut bersyukur karena sejumlah ide kreatif bisa diwujudkan dengan kemajuan teknologi yang sudah ada. Namun, ini bukan berarti cara konvensioal akan gagal.

1.   Manfaatkan istilah “gratis”

Siapa yang tidak bersemangat ketika mendengar kata “gratis”? Setiap pelanggan pasti akan memburu produk Anda dengan penawaran semacam ini. Yang dimaksud gratis di sini bisa berupa produk, konsultasi, atau apa pun yang Anda pikir bisa bermanfaat bagi pelanggan.

Contoh:

  • Buy 1 Get 1 Free
  • Giveaway produk lewat media sosial jika pelanggan membagi tautan, tag teman, dll.
  • Gratis ongkir untuk minimal pembelian tertentu atau menurut area tertentu
  • Free Trial bagi calon pelanggan supaya mereka mendapatkan pengalaman langsung terkait produk atau jasa.
ide-kreatif-untuk-meningkatkan-penjualan2

2.   Tawarkan program keanggotaan

Program ini akan menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand sekaligus mendorong terjadinya pembelian.

Contoh:

Alfamart, Matahari Department Store, dan Sociolla adalah beberapa contoh bisnis yang menawarkan program keanggotaan (membership). Pelanggan yang bergabung akan mendapatkan hak istimewa misalnya mengetahui produk keluaran terbaru lebih awal atau promo terbatas. Kalau sering ada diskon, para anggota pasti ingin membeli produk dari brand tersebut.

3.   Bereksperimen dengan Iklan

Iklan adalah salah satu strategi marketing yang wajib dioptimalkan. Setidaknya ada dua aspek yang bisa diajikan acuan. Pertama, keluar dari zona aman/umum. Kedua, memanfaatkan apa yang ada di sekitar. Tuangkan kreativitas Anda ke dalam pamflet, landing page, dan media lain.

Contoh:

  • Penggunaan model pria berambut panjang untuk iklan produk sampo alih-alih model wanita.
  • Membuat meme lucu dengan menggabungkan kata-kata yang menggelitik.
  • Membuat jingle yang membuat orang yang mendengar teringat dengan brand Anda.
  • Memproduksi item (tote bag, mug, tumbler, dsb.) dengan tujuan selfie sehingga secara tidak langsung pelanggan akan membantu promosi.
  • Gambar mural yang menyampaikan pesan sosial dalam produk.

Baca juga : Apa Perbedaan Pemasaran Dan Promosi?

4.   Libatkan komunitas lokal, figur terkenal, atau brand lain

Di samping membantu produk agar lebih dikenal orang, cara ini dapat menjangkau baik masyarakat luas maupun komunitas yang spesifik.

Contoh:

  • Chitato & Indomie Goreng
  • UNICEF & Target
  • Samsung & BTS

5.   Adakan penggalangan dana

Jenis acara amal yang diadakan bisa disesuaikan dengan passion Anda atau hal yang terkait dengan industri yang digeluti. Pelanggan cenderung menyambut baik brand yang menunjukkan kepedulian dan berkontribusi pada masyarakat dan lingkungan. Selain meningkatkan penjualan, Anda akan mendapatkan loyalitas pelanggan dan perhatian bahkan dari mereka yang belum mengenal brand Anda.

Contoh:

  • Mengadakan bazar yang sebagian dari hasil penjualan tiket masuk dan produk disumbangkan ke yayasan kemanusiaan tertentu.

Jadi, itulah beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang bisa kami bagikan. Coba salah satu dan lihat hasilnya pada penjualan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp
1
Butuh bantuan digital? Chat kami!
Tim Digiten senantiasa membantu anda di balik layar. Konsultasikan masalahmu sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram